Selasa, 24 Maret 2009

variegata


Variegata terjadi karena faktor genetis suatu tanaman. Kelainan warna muncul karena jaringanepidermal meristem tidak mampu memproduksi kloroplas. Itu bagian sel daun yang mengandungpigmen hijau. Akibatnya daun yang tersusun dari jaringan itu tak lagi berwarna hijau, tapi putih atau kuning.

Berdasarkan pola kelainan warna, variegata dapat dibagi menjadi 15 tipe: splashed, mottled,dusted, striped, streaked, margined, broadly margined, thinly margined, centered, broadlycentered, blotched, banded, reticulated, tipped, dan albino. Yang disebut pertama, warna putih atau kuning muncul di daun seperti bentuk percikan air. Mottled, burik; dusted, seperti debu; striped, belang vertikal; dan streaked, seperti lapisan-lapisan tipis.

Margined, broadly margined, dan thinly margined, variegata muncul di tepi daun. Sementara centered dan broadly centered, di tengah daun. Blotched, polanya seperti jerawat di daun; banded, belang horizontal seperti pita; dan reticulated, polanya acak di semua bagian daun. Tipped, variegata hanya muncul di ujung daun; sedangkan albino, di semua daun. Akibat kelainan warna itu, tanaman jadi tampil beda.

Umumnya pertumbuhan tanaman variegata sangat lambat. Jumlah kloroplas berkurang sehingga penyerapan cahaya matahari tidak optimal. Akibatnya kerja mengubah karbondioksida menjadi gula sebagai sumber energi kimia dan makanan bagi pertumbuhan tanaman terhambat.

Tanaman variegata pun lebih lemah dibandingkan yang normal, sehingga kebanyakan tak mampu bertahan hidup di alam.

Untuk mempertahankan sifat variegata, perbanyakan tanaman hanya dilakukan dengan metode vegetatif, seperti setek batang dan cangkok. Bila diperbayak secara generatif atau dari biji, belum tentu variegata muncul. Dari satu juta tanaman paling hanya muncul satu yang variegata.

3 Komentar:

Blogger urban village mengatakan...

mboil,,,,
thanks ya buat infonya...

24 Maret 2009 pukul 20.35  
Blogger urban village mengatakan...

ditambah lagi ya infonya seputar tanaman...
yang mengenai bunga kering itu lho...

24 Maret 2009 pukul 20.40  
Blogger oyay mengatakan...

terimakasih

24 Maret 2009 pukul 20.44  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda